Fenomena Ruang Paling Kedap Suara Didunia, Yuk Mampir ke Ruang Anechoic !

Fenomena Ruang Paling Kedap Suara Didunia, Yuk Menilik Ruang Anechoic !

Ruang paling kedap suara didunia- Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan banyak yang mengeluh soal bising dari tempat umum, lingkungan kerja, tempat tinggal dan lain sebagainya.

Masalah bising memang ada dimana-mana.

Oleh sebab itu, banyak yang berharap dapat ketenangan dengan berkunjung ke daerah sepi atau daerah pedesaan yang jauh dari kota.

Namun, tahukan kalian kalau pengalaman berada di tempat yang sepi bisa didapat saat berada dalam ruang anechoic?

Bahkan saking sepinya, suara yang terdengar adalah detak jantung dan nafas sendiri. Banyak juga yang bilang berada di ruang anechoic dalam kurun waktu tertentu bisa membuat gila.

Benarkah demikian? Yuk cari tahu lebih banyak tentang ruang paling kedap suara di dunia alias ruang anechoic!

Simak terus dibawah ini

Konsep kedap suara

Sebenarnya, bicara soal konsep kedap suara, artinya sederhana. Secara umum, kedap suara berarti tidak dapat memantulkan bunyi. Sehingga energi bunyi atau suara akan teredam dan tidak terdengar oleh telinga manusia.

Dalam hal ini kita bisa membahas soal bahan kedap suara atau ruang kedap suara.

Bahan kedap suara artinya berbagai material yang dapat menahan suara dan tidak memantulkannya kembali.

Sementara ruang kedap suara adalah tempat yang didalamnya bunyi tidak dapat memantul alias teredam didalam sehingga suara dari luar tidak terdengar, pun suara dari dalam tidak terdengar hingga keluar ruangan.

Konsep kedap suara ini banyak di praktekkan oleh orang-orang yang berkecimpung didunia akustik, audio, suara dan lain sebagainya.

Termasuk orang-orang yang ingin mendapatka ketenangan pun pastinya tidak asing dengan konsep ruang kedap suara ini.

Tapi, ingat, ruang kedap suara berbeda dengan ruang hampa.

Jika diruang hampa benar-benar tidak ada energi suara yang akan terdengar. Sebab tidak ada media perantaranya. Contohnya diruang angkasa.

Sementara di ruang kedap suara, masih tetap ada sumber bunyi, media perantara dan lain sebagainya. Hanya saja terhalang oleh material peredam suara yang terdapat dalam ruang tersebut.

Cara membuat ruang kedap suara

Secara umum, membuat ruang kedap suara bisa dilakukan dengan du acara.

Pertama, dengan sistem insulasi suara yang melibatkan kontraktor atau penyedia jasa pemasangan dan pembuatan ruang kedap suara.

Tentunya hasilnya akan lebih maksimal, rapi dan efektif. Dan pastinya, lebih mahal.

Kedua, membuat ruang kedap suara secara mandiri. Caranya dengan memanfaatkan furniture dan aksesoris tambahan dalam ruangan.

Untuk hasilnya memang tidak akan semaksimal dengan sistem insulasi suara oleh kontraktor, tetapi untuk menghemat budget, cara ini cukup di rekomendasikan.

Selain lebih multifungsi, biayanya juga jauh lebih murah.

Sementara proses pembuatan ruang kedap suara  akan jauh lebih rumit karena butuh perhitungan yang matang dari tenaga prodesional.

Mulai dari pemilihan bahandan teknik pemasangannya harus diperhatikan agar memberi hasil ruang kedap suara yang tepat.

Apa itu ruang anechoic?

Ruang Anechoic (Anechoic Chamber) adalah sebuah ruangan yang didesain sedemikian rupa sehingga mampu untuk meredam gelombang refleksi baik suara atau elektromagnetik.

Ruangan ini juga terisolasi dari suara bising yang berasal dari luar ruang.

Ruangan ini dibangun dengan mengkombinasikan dari kedua aspek yakni gelombang suara dan ekejtromagnetik.

Sehingga ia dapat mensimulasikan ruang terbuka di dalam dimensi tak terbatas, yang berguna ketika hasil yang ada tidak berpengaruh sama sekali dari pengaruh luar.

Ruang tanpa gema awalnya digunakan dalam konteks akustik (gelombang suara) untuk meminimalkan refleksi dari ruangan tersebut (ruang kedap suara)

Tetapi, dalam ruang Anechoic (ruang tanpa gema), Anda lah yang menjadi sumber bunyi.

Kabarnya, semakin lama seseorang berdiam diri didalam ruang tersebut,  ruangan akan menyerap suara hingga 99,99 persen itu, dan orang tersebut dapat mengalami halusinasi.

Cameron Vongsawad, seorang peneliti di BYU Acoustics menjelaskan bagaimana mekanisme ruangan anechoic dalam meredam suara

Menurut Cameron, segala bentuk suara yang dikeluarkan seseorang atau apapun di ruangan itu yang berfrekuensi rendah akan masuk ke sela-sela tekstur di dinding kemudian dipantulkan hingga suaranya menghilang.

Sementara itu, suara yang memiliki tingkat frekuensi tinggi akan langsung diserap oleh bahan peredam di bagian dinding maupun lantainya.

Itulah sebabnya ruang ini disebut ruang paling kedap suara didunia.

Ternyata, di dunia ini ada beberapa Ruang Anechoic yang tersebar di beberapa tempat.  Contohnya, di Orfield Laboratories, Minnesota, Amerika Serikat dan ruang Anechoic milik Microsoft yang berada di Redmond, Washington, Amerika Serikat.

Diantara beberapa tempat tersebut, ruang anechoic milik Orfield Laboratories dulunya adalah pemegang untuk rekor ruangan terhening selama beberapa tahun.

Akan tetapi, sekarang rangking tersebut digeser oleh ruag Anechoic dari Microsoft yang ada di Washingthon Amerika.

Kabarnya, saking heningnya tempat tersebut, saat berada didalamnya anda tidak akan mendengar suara jet yang lepas landas tepat disamping ruangan.

 

Kenapa dibangun?

Jika bicara lebih lanjut tentang ruang paling kedap suara di dunia yang bisa menimbulkan halusinasi, hingga kegilaan, lalu apa gunanya membangun tempat tersebut?

Beberapa orang bahkan berpendapat ruang anechoic tersebut sebenarnya sia sia dibangun karena hanya menyiksa orang saja.

Padahal hal tersebut belum tentu benar.

Ada beberapa alasan, tujuan dan kegunaan dari ruang paling kedap suara ini. Antara lain sebagai berikut :

  1. Menguji sebuah produk sebelum dipasarkan untuk mengetahui seberapa keras suaranya.
  2. Digunakan oleh berbagai lembaga termasuk NASA untuk menguji para astronot terkait kemampuan mereka beradaptasi terhadap keheningan luar angkasa.

Hal tersebut termasuk berlatih cara mengatasi halusinasi ketika muncul.

  1. Ruang Anechoic sering digunakan untuk menguji antena (pengukuran), radar atau gangguan elektromagnetik, untuk telepon bergerak, satelit dan Tes Near Field Sites (dengan sistem positioner).

Testimoni ruang paling kedap suara didunia

Lalu, dibalik fenomena ruang paling hening di dunia ini, bagaimana testimoni dari orang-orang yang pernah berkunjung kesana?

Pertama, seorang pemain Cello bernama Robert Willes yang berminat masuk dalam ruang tersebut karena harus terbiasa mengasah pendengaran untuk musiknya memberikan testimoni sebagai berikut :

“Menurut Robert,  sensasi kalustrofobia yang ia miliki langsung muncul begitu saja ketika ia dibiarkan bertahan sendirian di ruangan anechoic tersebut. Robert mengatakan,  di ruangan normal kamu akan mendengar banyak hal karena suara berpantulan sehingga rasanya ruangan itu akan tetap cukup luas bagimu. Namun, ruangan anechoic membuatnya berasa seperti di dalam peti mati yang senyap total.”

Kedua,seorang lulusan jurusan psikologi yang punya kesimpulan terhadap reaksi orang di ruangan, Ann Clawson, berpendapat sebagai berikut :

“Kecemasannya mulai bermunculan ketika ia cukup lama berada di ruangan anechoic itu sendirian. Menurutnya, apa yang biasa orang dengar di ruangan normal gak akan didapatkan di ruangan anechoic ini. Sehingga itu akan menimbulkan kecemasan dan rasa stres tersendiri sehingga orang akan mulai berhalusinasi bahkan menjadi sangat detail mendengar sesuatu.”

Selanjutnya, seorang youtuber dengan nama Veritasium pun tertantang untuk mencoba masuk dalam ruangan anechoic tersebut selama yang ia mampu. Ia ingin membuktikan apakah benar gak ada yang mampu bertahan secara normal di atas 45 menit di ruangan tersebut. Lampu harus dimatikan termasuk cahaya sekecil-kecilnya dari kamera, sehingga hanya perekam suara yang hidup ketika Youtuber ini ditinggal sendirian di ruangan anechoic.

Demi memenuhi tantangan tersebut, ia melakukan berbagai persiapan. Tak sia-sia, dirinya mampu memecahkan rekor dengan bertahan selama hampir satu ja.

Selama berada dalam ruangan pun dirinya bercerita dan memeberi testimoninya.

“Menurutnya,  ia menikmati kesenyapan di dalam ruangan tersebut dan menyatakan bisa bertahan mungkin sampai lima jam ke depan sambil bekerja dengan produktif. Ia menceritakan sensasi selama di sana adalah ia mendengarkan tiap detail suara, seperti: suara menelan ludah, suara jarinya menggosok janggutnya, suara gesekan bajunya hingga suara detak jantungnya sendiri. Namun ia menikmati semuanya karena ia tidak memiliki klaustrofobia”

Artinya, apa yang dilakukan youtuber tersebut membuktikan tidak selamanya ruang anechoic membuat orang gila dan berhalusinasi.

Demikianlah rangkuman testimoni dari orang yang pernah mencoba masuk ke ruang paling kedap suara didunia. Semoga bermanfaat.

 

 

Call Now Button