Jasa Peredam Suara Ruangan Jakarta

jasa peredam suara ruangan jakarta

harga bahan peredam suara ruanganKebisingan menjadi hal yang tak dapat dihindari terutama jika kamu tinggal di kota, apalagi di dekat jalan besar. Jika kamu sering terganggu dengan suara bising dari luar kamar atau kamu ingin meningkatkan privasimu agar orang di luar kamar tidak mendengar suara dari kamarmu, bagaimana kalau kamu membuat kamar jadi kedap suara? Bikin kamar kedap suara tidak sulit, kok. Kamu bisa melakukan 8 cara membuat ruangan kedap suara dengan beberapa trik mudah berikut ini. Simak baik-baik pembahasannya di bawah ini!

Tutup celah pada pintu : Jika kamu mendengar setiap percakapan yang terjadi di luar kamarmu dengan jelas, kemungkinan ada celah udara yang besar di pintumu. Nah, dengan menutup celah ini, kamu bisa memperkecil kemungkinan suara dari kamarmu terdengar oleh orang yang berada di luar kamar, begitu juga sebaliknya. Kamu bisa menutup celah besar di pintu kamarmu dengan memasang pengganjal celah pintu. Supaya lebih efektif, coba beli door seal di toko perlengkapan rumah atau di toko online, untuk menutup celah di pintu sekaligus menahan suara untuk masuk atau keluar. Gunakan door seal yang tebal agar kamarmu benar-benar kedap suara. Selain membuat kamarmu kedap suara, door seal juga mencegah debu dan serangga masuk ke kamarmu.

Memasang gorden tebal di depan pintu : Cara lain membuat kamarmu kedap suara adalah dengan memasang gorden tebal di depan pintu. Dengan begini, suara yang bocor melalui pintu dapat disaring oleh gorden.

Jasa Peredam Suara Ruangan di Jakarta Rekomendasi Terbaik

Tempel karpet dan atau pelapis karet di dinding : Suara akan dipantulkan lewat permukaan keras, seperti dinding, lantai, dan langit-langit. Jika ingin meredam suara, kamu perlu memperkecil kemungkinan suara dipantulkan. Caranya adalah dengan menutupi lantai dan dinding kamar dengan sesuatu yang empuk, seperti karpet ataupun rubber mat (keset karet) yang ditempel di permukaan dinding. Karpet dan rubber mat ini akan menyerap suara, sehingga membuat kamar kedap suara.

Gunakan karpet tebal dan alasnya (rug pad) : Tak mau menutupi seluruh permukaan dinding dengan karpet, gunakan saja karpet tebal di lantai kamarmu agar suara terserap dengan baik. Supaya lebih kedap suara, selipkan rug pad yang tebal di bawah karpet tersebut.

Redam suara dengan lemari buku : Kalau dinding kamarmu tak dapat meredam suara dengan baik, kamu bisa menggunakan lemari buku yang dapat menutupi dinding dengan sepenuhnya. Dengan begini, gelombang suara yang datang dari dalam maupun luar akan terhalang oleh lemari buku.

Gunakan panel akustik : Meski biasanya panel akustik dipasang di ruangan studio musik, bukan berarti tak bisa dipasang di kamarmu.

Panel akustik adalah salah satu elemen interior yang dirancang untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras, dan menghalangi gelombang suara masuk melalui pintu atau jendela. Efektif untuk membuat kamarmu kedap suara!

Gunakan gorden kedap suara : Tahukah kamu, ada gorden yang khusus dibuat untuk meredam suara? Selain mempercantik interior hunian, gorden kedap suara juga membuat kamarmu bebas dari suara berisik. Gunakan gorden kedap suara di setiap jendela kamar untuk meredam suara dengan maksimal.

Jika memiliki bujet lebih, kamu bisa membeli peredam suara ruangan layaknya sebuah studio band atau panel akustik. Ada beberapa jenis panel akustik yang dapat kamu pilih untuk meredam suara. Jenis-jenis panel akustik ini dibedakan berdasarkan material pembuatnya.

Beberapa material panel akustik yang banyak digunakan orang, di antaranya adalah: Glasswool : Bahan ini cukup populer sebagai peredam suara. Bahan ini umumnya berbentuk roll dengan panjang sekitar 30 meter dan ketebalan antara 2,5-5 cm. Walaupun umum digunakan, material glasswool sayangnya tidak bisa diaplikasikan di setiap tempat. Terutama pada ruangan studio yang umumnya memantulkan getaran serta suara cukup keras.

Rockwool : Jika material glasswool tidak efektif untuk meredam suara ruangan rumah, Anda bisa mencoba menggunakan material berbahan rockwool. Bahan yang satu ini relatif lebih tebal daripada glasswool. Frekuensi suara yang mampu ia redam juga cukup besar, yakni mencapai 100 desibel. Karena itu, material ini sering digunakan pada ruangan-ruangan khusus sebagai pelapis kedua glasswool.

Jasa Peredam Suara Ruangan di Jakarta Paling Murah

Polyethylene Terephthalate (PET) : PET merupakan material yang biasa digunakan oleh pabrikan besar. Bahan yang satu ini sangat efektif dalam meredam serta menyerap suara yang datang dari dalam atau luar ruangan. Selain itu PET sangat mudah dibentuk sesuai ukuran ruangan, tidak memerlukan rangka, dan bisa dipasang di mana saja. Material ini terbuat dari plastik daur ulang, sehingga lebih ramah lingkungan. 

Green Wool : Green wool adalah material peredam suara ruangan yang terbuat dari polyester fibre. Berkat sifat hydrophobic-nya, material ini tahan terhadap air dan tidak terpengaruh oleh kelembaban udara. Selain lebih kuat dan tahan lama, salah satu keunggulan green wool adalah pengaplikasiannya yang mudah. Material ini bisa kita tempelkan langsung ke dalam tembok atau ditanam.

Keramik Fiber : Jenis peredam suara ruangan keramik fiber terbilang sangat berkualitas. Tidak hanya ampuh mengusir kebisingan, material ini juga berguna sebagai anti gempa dan penyerap panas. Karena itu, jangan heran jika harga bahan ini dibanderol lebih mahal dari material lainnya. Keramik fiber pun sering digunakan dalam konstruksi bangunan bertingkat berkat keawetannya.

Busa Telur : Jika ingin mendapatkan peredam suara yang murah, busa telur bisa jadi material pilihan Anda. Meski begitu, sayangnya bahan yang satu ini tidak cocok untuk ruangan ber frekuensi suara keras.

Material Papan Gypsum : Sebagai pembatas ruangan, material gypsum memiliki banyak kelebihan, mulai tahan terhadap api, tahan guncangan gempa, serta membuat ruangan lebih cepat dingin. Tidak hanya itu, gypsum ternyata juga bisa menjadi peredam suara ruangan karena memiliki fungsi akustik. Fungsi akustik pada gipsum mencakup dua hal, yakni kekedapan suara dan penyerapan suara.

Material Karpet : Anda perlu tahu bahwa suara tak hanya memantul dari dinding tetapi juga dapat dipantulkan oleh lantai yang keras. Jadi kalau kamar Anda memiliki lantai dengan permukaan keras seperti kayu, ubin, atau laminasi, maka solusi paling sederhana adalah meletakkan karpet untuk membantu meredam kebisingan. Semakin tebal karpet pastinya lebih baik. Tak hanya itu, beli juga beberapa bantalan ekstra tebal yang diletakkan di bagian bawah karpet sebagai tambahan perlindungan peredam suara ruangan.

Itulah berbagai barang di rumah yang bisa kamu manfaatkan sebagai peredam suara ruangan. Umumnya untuk mengendalikan suara bisa dilakukan dengan dua hal. Pertama dengan mengontrol kualitas suara yang dihasilkan di rumah Anda. Kedua adalah dengan memblokir kebisingan yang tidak ingin Anda dengar. Fungsi peredam suara cukup simpel, yakni menginsulasi suara yang berasal dari luar maupun dalam ruangan. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat ruangan kedap suara supaya bisa memblokir kebisingan-kebisingan itu. Tipsnya adalah dengan memilih material yang tepat sebagai peredam suara ruangan. Atau Anda bisa menerapkan sejumlah trik yang membuat ruangan jadi lebih kedap suara. Ada sejumlah bahan peredam suara ruangan yang paling banyak digunakan di rumah maupun untuk studio. Setiap bahan memiliki penggunaan terbaik dengan hasil yang berbeda-beda. Tipenya juga berbeda- beda diantaranya penyerap suara, isolasi suara, peredam suara, dan decoupling. Pilihan Terbaik Jasa Peredam Suara Ruangan di Bekasi

Call Now Button