Jasa Peredam Suara Ruangan Semanggi

Pasang Peredam suara ruangan Jakarta Selatan Terpercaya

Polusi suara di dalam ruangan mengganggu konsentrasi bahkan tidak jarang menyebabkan stres. Apalagi kalau kamu orang yang aktif bekerja di rumah, saat kebisingan berlangsung tentu saja kamu akan sangat merasa terganggu. Secara umum, untuk mengatasi kebisingan ruangan bisa dilakukan dengan memanfaatkan peredam suara ruangan. Selain meredakan kebisingan, peredam suara bisa menjaga laju bunyi sehingga di dalam ruangan juga tidak terasa terlalu sunyi.

Peredam suara yang baik bisa mengendalikan bunyi di dalam ruangan secara efektif, yaitu sampai tingkat kebisingan yang ideal (55 dBA). Peredam suara ruangan menggunakan prinsip dari sistem akustik di dalam ruangan, yaitu penataan bunyi yang mengendapkan dan menyerap suara di dalam ruangan tertutup. Material yang digunakan untuk peredam suara berfungsi menghalangi kebisingan yang berasal dari satu ruangan yang berpengaruh terhadap ruangan lainnya. Kalau kamu memasang peredam suara ruangan, maka segala macam bunyi yang dihasilkan di dalam ruangan akan terdengar lebih natural dan jernih.

Maka itu, peredam suara saat ini sangat banyak digunakan pada studio musik dan bioskop. Tujuannya adalah supaya menghasilkan kualitas suara yang lebih tinggi di dalam ruangan tersebut dan tidak mengganggu ruangan yang ada di sekitarnya.

Jasa Peredam Suara Ruangan semanggi

Peredam Suara untuk Mengendalikan Bunyi Gema Ruangan

Ada tiga jenis material peredam suara ruangan yang bisa digunakan agar menciptakan ruang akustik dengan mutu suara yang baik. Ketiga jenis peredam suara ruangan tersebut dibuat dari bahan khusus dengan fungsi berbeda satu sama lain dalam mengolah produksi suara di dalam ruangan. Peredam suara ruangan pertama yaitu peredam suara yang bekerja menyerap energi suara. Peredam suara ruangan jenis ini mampu berguna untuk menghindari terjadinya suara yang memantul kembali ke ruangan. Prinsip kerja dari peredam suara ruangan jenis ini adalah dengan mengendalikan waktu gema yang disebut dengan reverberation time.

Jenis peredam suara ruangan kedua yaitu peredam suara yang berfungsi mengendalikan perpindahan suara antara dua ruangan. Prinsip kerjanya adalah dengan mengembalikan refleksi suara ke dalam ruangan yang menjadi tempat suara itu berasal. Sedangkan peredam suara ruangan ketiga adalah peredam suara yang bertugas mengendalikan efek getar dari suatu bunyi. Peredam suara ruangan jenis ini lebih sering digunakan untuk mengatasi berbagai sumber suara yang bisa menyebabkan getaran pada struktur bangunan.

 

 

Jasa Peredam Suara Ruangan semanggi

Material untuk Peredam Suara Ruangan Semanggi – 

Sebenarnya, ada banyak jenis material yang bisa digunakan sebagai alat peredam suara ruangan seperti kain, gypsum, busa telur, polyester, rockwool, dan soft board. Tapi, material yang paling sering diandalkan untuk peredam suara adalah Polyethylene Terephthalate (PET). Material ini memiliki kemampuan menyerap dan mengedapkan suara sekaligus.

PET memiliki sifat sangat mudah dibentuk sehingga mudah disesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruangan. Pemasangan PET juga sangat praktis karena tidak memerlukan rangka khusus. Instalasi PET bisa dilakukan untuk permukaan dinding, lantai, dan langit-langit hanya dengan menggunakan alat perekat seperti paku, lem kuning, atau double tape.
Selain kemampuan meredam suara, Tampilan warna PET cukup bervariasi sehingga sangat fleksibel dan mudah disesuaikan dengan desain interior ruangan. Material PET tidak mengandung bahan kimia bahaya karena terbuat dari plastik daur ulang.

Hingga saat ini, material PET memang paling baik diinstalasikan untuk peredam suara. Tapi, pemanfaatan PET juga sangat dipengaruhi oleh penataan material di dalam ruangan. Banyak cara lain yang kamu lakukan untuk mengatasi kebisingan di ruangan tanpa peredam suara. Pabrik Perakitan Peredam suara ruangan Cipete Terbaik

Penasaran? Berikut ini adalah beberapa trik membuat Peredam Suara Ruangan Semanggi  sederhana, simak!

  1. Memanfaatkan karpet

Pemanfaatan karpet untuk ruangan kedap suara sebenarnya sudah banyak dilakukan. Contoh nyatanya pada terlihat pada bioskop yang lantainya dilapisi dengan karpet berbahan cukup tebal. Maka dari itu,jika Anda ingin menciptakan ruangan kedap suara di dalam rumah, cukup dengan menempelkan karpet pada beberapa bagian ruangan. Gunakan karpet dengan ketebalan yang cukup agar suara dapat tersaring secara signifikan. Karpet yang tebal tidak hanya dapat meredam suara, namun juga getaran dan gema sehingga tidak akan merambat keluar ruangan.

  1. Menggunakan acoustic foam

Apabila Anda membutuhkan sebuah ruangan kedap suara yang menyeluruh seperti layaknya studio, Anda membutuhkan bahan berupa acoustic foam untuk mewujudkannya. Bentuknya berupa tonjolan-tonjolan seperti karpet telur yang berbahan busa lembut dan mampu menyerap suara yang ada. Biasanya acoustic foam di jual dalam bentuk lembaran 2 x 1m dengan ketebalan 5 cm.

  1. Menggunakan tirai

Tahukah Anda bahwa jendela ruangan dapat membuat getaran merambat melalui udara dan masuk ke dalam ruangan. Maka dari itu, untuk menangkal suara bising yang berada di luar ruangan, Anda membutuhkan tirai sebagai penangkalnya. Terdapat berbagai jenis tirai jendela yang dapat Anda gunakan. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan lapisan ganda agar ketebalannya lebih efektif dalam meredam suara bising.

  1. Menggunakan barang seni dengan kanvas

Memang menggunakan acoustic foam untuk meredam suara terbilang cukup efektif. Namun dari segi tampilan, ruangan jadi terlihat kurang menarik. Oleh karena Anda dapat mempertimbangkan menggunakan barang seni dan kanvas sebagai penggantinya. Benar atau tidak, kanvas dan lukisan juga dapat meredam getaran suara. Anda dapat mengabungkan karya seni dan panel akustik agar suara lebih teredam dengan baik.

  1. Memanfaatkan tanaman

Tidak hanya memanfaatkan bahan seperti karpet, namun tanaman juga dapat membantu untuk meredam suara. Sebab, tanaman memiliki kemampuan untuk membiaskan, menyerap dan juga membelokkan kebisingan yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda dapat menata tanaman hias di dalam rumah agar ruangan menjadi kedap suara.

  1. Rak buku rumah

Ternyata rak buku di dalam rumah juga dapat membantu untuk meredam suara yang masuk lho! Maka dari itu, Anda perlu menempatkan rak buku pada dinding yang terasa lebih bising dan membutuhkan peredam suara.

  1. Melindungi aliran udara pada pintu

Dimana ada aliran udara, disitulah tempat suara dapat suara masuk ke dalam ruangan. Sebab lubang tersebut memiliki potensi untuk menciptakan getaran. Maka dari itu, bagian bawah pintu yang memiliki lubang harus ditutupi dengan door draft protector atau disebut juga dengan pelindung udara.  

  1. Menggunakan lembar gabus atau styrofoam

Gabus dapat dikatakan sebagai salah bahan yang memiliki kemampuan menyerap suara dengan baik dan murah. Maka dari itu bahan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk menciptakan ruangan kedap suara. Selain itu, Styrofoam juga jauh lebih mudah di dapatkan dibanding dengan acoustic foam.

  1. Pintu tanpa ukiran

Pintu tanpa ukiran atau flat (datar) dikatakan lebih mampu menolak getara suara jika dibandingkan dengan pintu yang memiliki ukiran. Hal ini boleh menjadi bahan pertimbangan Anda.

  1. Insulasi

Insulasi merupakan sebuah cara signifikan yang dilakukan untuk mencegah masuknya getaran suara bising ke dalam serta ke luar kamar. Namun tidak hanya meredam suara, panas matahari yang merambah masuk juga dapat di saring.  

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk membuat ruangan kedap suara yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

Call Now Button